Cara Pengajuan Klaim Asuransi Takaful

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Takaful

Pendahuluan

Cara Pengajuan Klaim - Seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi, saat ini perusahaan-perusahaan banyak yang sudah mengadopsi teknologi untuk pelayanan kepada nasabah.



Salah satu yang menjadi pilihan teknologi adalah terknologi yang melibatkan jaringan internet dalam rangka menciptakan inovasi terbaru dibidang pelayanan.

1. Cara Pengajuan Klaim Manual

Cara ini melibatkan nasabah langsung datang ke konter-konter palayanan nasabah yang tersebar di kantor pusat maupun di kantor-kantor cabang.

Nasabah dapat mengajukan klaim dengan cara sebagai berikut:

Peserta Datang Sendiri

Peserta harus datang sendiri tanpa diwakilkan kepada siapapun, kecuali dapat menunjukan bukti surat kuasa dari nasabah.

Membawa Dokumen Kepesertaan

Nasabah wajib membawa dan menunjukan kepada Customer Service / CS serta menyerahkan copy untuk dokumen sebagai berikut:
- Polis Asli
- KTP Asli
- Bukti Pembayaran Premi
- Buku Tabungan Bank Nasional

Mengisi dan Menandatangani Formulir

Nasabah akan diberikan formulir pengajuan sesuai dengan pengajuan klaimnya, serta formulir pendukung lainnya yang sudah disediakan.

2. Cara Pengajuan Klaim Melalui Online

Dimasa-masa seperti sekarang ini, informasi yang kami dapatkan dari kepala cabang kantor pelayanan yang ada di Jawa Tengah, beliau menyampaikan bahwa "jadi untuk saat ini Bapak/Ibu yang hendak mengajukan klaim tidak perlu ke kantor pelayanan, bahkan Bapak/Ibu masih di dalam kamar yang mungkin masih sarungan, Bapak/Ibu sudah dapat pelayanan terbaik dari kami" demikian imbuhnya.

Secara singkat dapat kami gambarkan, pengajuan Klaim Asuransi dapat kami jabarkan sebagai berikut:

Menghubungi Customer Service Online

Bapak/Ibu dapat menghubungi customer service dengan mengirimkan pesan whatsapp ke nomor ####-####-#531 dengan pesan pendek seperti "assalaamu'alaikum wr wb, mohon maaf saya bapak Sugiono nomor polis 06.####.######3.024 akan mengajukan klaim dana pendidikan untuk anak saya" ini sebagai contoh saja, karena kata-katanya bebas.

Customer Service Menjawab

Setelah pesan whatsapp diterima dan cek ke sistem, maka customer service akan membalas pesan whatsapp Bapak/Ibu sekaligus mengirimkan formulir-formulir yang diperlukan. Bapak/Ibu dapat mencetak terlebih dahulu untuk mempermudah pengisian.

Mencetak dan Mengisi Formulir

Pengisian formulir ini bersifat wajib diisi dengan data sebenarnya sesuai dengan dokumen polis dan tanda pengenal. Bapak/Ibu dapat mencetaknya lalu mengisi dengan manual atau dapat menulisnya langsung di tablet Bapak/Ibu dan menandatanganinya. Jangan lupa untuk mengirim kembali ke customer servise / pelayanan nasabah.

Kesimpulan

Menurut hemat kami, inovasi seperti ini akan sangat memudahkan dan mempercepat pelayanan kepada nasabah sehingga nasabah tidak perlu bermacet-macet di daerah Mampang Prapatan, dan Bapak/Ibu sudah dapat terlayani dengan baik.